Senin, 25 Maret 2013

Membedah Kemiskinan Partisipatif Level Kelurahan Di Keprabon

Setelah tahap Sosialisasi RPJMKel dilalui, kali ini Kelurahan Keprabon telah sampai pada tahap AKP Kelurahan. AKP Kelurahan ini menjadi bagian dalam penyusunan RPJMKel dengan tujuan untuk menemukan berbagai persoalan wilayah dari pendapat masyarakat, termasuk masyarakat penerima layanan/program khusus, sehingga diharapkan akan temukan solusi terbaik. Pada hari Kamis tanggal 21 Maret 2013 kemarin Kelurahan Keprabon melaksanakan tahapan selanjutnya yaitu AKP Kelurahan pada pukul 19.00 WIB bertempat di Aula Kantor Kelurahan Keprabon dengan jumlah peserta 29 orang.

Adapun peserta yang hadir diantaranya adalah Kepala Kelurahan dan perangkat kelurahan lain, LPMK, Faskel Monev, PKK Kelurahan perwakilan tiap Pokja, Ketua RW, Karang Taruna, dan LKM.
Acara dimulai pada pukul 20.00 WIB dengan Pembukaan oleh Ibu Endah Tyasmini. Kemudian dilanjutkan dengan Sambutan oleh Ibu Rustika Atmawati, SP. MM selaku Kepala Kelurahan Keprabon yang berisi tentang ucapan selamat datang untuk Tim TKPKD  dan warga undangan AKP Kelurahan serta mengharap partisipasi warga untuk pelaksanaan AKP/Pemetaan masalah tingkat kelurahan.

Suasana AKP Kelurahan Keprabon
Sebelum pelaksanaan diskusi, pada pukul 20.15 WIB Ibu Endah Tyasmini menjelaskan terlebih dulu tentang diskripsi tentang RPJMKel kepada peserta antara lain mengenai apa itu AKP Kelurahan, tujuan AKP Kelurahan, sistem pelaksanaan AKP Kelurahan, tahapan yang dilalui selanjutnya setelah AKP Kelurahan, siapa saja yang menjadi peserta dalam tiap tahapan penyusunan, teknik yang dipakai dalam AKP RW yaitu Teknik Analisa Kecenderungan dan Teknik Diagram Venn.

Setelah itu disambung penjelasan dari Ibu Vera Kartika mengenai teknik pelaksanaan penyusunan RPJMKel dari awal sampai akhir agar para peserta atau warga dapat lebih memahami proses pelaksanaan RPJMKel yang berlangsung. Penjelasan/pemaparan dari Ibu Vera Kartika antara lain menyangkut tentang data apa saja yang dibutuhkan dalam penyusunan RPJMKel yaitu data sekunder situasi dan kondisi kelurahan, data yang ditemukan dari AKP Kelurahan, yang kemudian data-data tersebut akan dikroscek ke warga secara langsung untuk melakukan pengkajian lebih lanjut dalam AKP RW. Kemudian berbagai data tersebut akan disimpan dan dipertemukan lagi di tahapan Merunut Masalah dengan form yang berbeda lagi sebagai bahan untuk menganalisa berbagai permasalahan.

Hasil itulah yang digunakan secara bersama masuk ke tahap Perumusan Masalah. Dalam proses ini akan timbul dampak kemudian prioritas masalah apa yang muncul sehingga akan menjadi alat atau sebagai dasar penyusunan program. Hasil dari perumusan itu akan menjadi dasar Penulisan dan itu akan didokumentasikan menjadi Dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Kelurahan Keprabon.

Setelah penjelasan selesai akhirnya warga dapat mengerti dan memahami proses penyusunan RPJMKel yang berlangsung. Pada pukul 20.40 WIB segera dilakukan pembagian kelompok dan dilanjutkan diskusi kelompok. Pada kelompok Analisa Kecenderungan difasilitasi oleh Ibu Endah Tyasmini  dan di kelompok Diagram Venn / Kelembagaan difasilitasi oleh Bp. Budi Cahyono. Diskusi berlangsung dengan sangat hidup karena ada partisipasi aktif dari warga peserta AKP dan selesai pada pukul 22.00 WIB. Acara pun kemudian disambung dengan pembahasan tindak lanjut tahapan AKP RW untuk menentukan waktu pelaksanaan AKP RW untuk kemudian dikonfirmasikan kepada TKPKD. Acara pun ditutup pada pukul 22.10 WIB.


(By Eria)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites