Jumat, 08 Maret 2013

Enam Kelurahan Siap Inisiasi RPJMKel Pada Maret 2013

Membedah problem-problem kemiskinan selalu memiliki keterkaitan antara satu faktor dengan faktor yang lain. Untuk kawasan yang homogen relatif tidak cukup sulit menemukenali problem yang ada. Sedangkan di perkotaan, penggalian akar kemiskinan dengan Analisa Kemiskinan Partisipatif memberi tantangan yang berbeda.

Kondisi inilah yang sedang dihadapi oleh Tim Koordinasi Pengentasan Kemiskinan Daerah (TKPKD) Kota Solo dalam uji penyusunan RPJMKel di 2 kelurahan. Penggalian masalah berbasis 5 isu hak dasar dikerjakan di Sewu dan Joyontakan mulai Oktober tahun lalu. Proses penggalian masalah dimulai dari penggalian masalah di RW.

Suasana Rapat (Photo by BChrist)
Tahap selanjutnya membedah kondisi kelurahan dengan 3 alat yakni Kalender Tahunan, Analisa Kecenderungan (tren) serta Analisa Peran Lembaga. Harapannya dapat terpetakan kondisi riil yang dihadapi masyarakat. Berdasar pengalaman 6 bulan itu, ternyata menarik bagi LPMK di 2 Kelurahan yakni Kemlayan dan Joyotakan.

Mereka berkeinginan menginisiasi penyusunan RPJMKel sebagai basis perencanaan jangka menengah agar perencanaan yang dilakukan masyarakat lebih tertata. Maka pada Selasa (5 Maret) utusan kedua kelurahan melakukan diskusi secara intensif dengan Tim Pelaksana Teknis TKPKD sebagai persiapan implementasi Inisiasi RPJMKel.

Dalam diskusi yang dipandu Kepala Sekretariat Harian TKPKD Solo (Shemmy) terungkap bahwa pada bulan Maret ini sudah ada 4 kelurahan yang akan mulai menginisiasi hal yang sama dengan dukungan TKPKD. Keempat kelurahan tersebut yakni Gajahan, Joyosuran, Semanggi dan Keprabon. Bergabungnya 2 kelurahan itu akan mempercepat penyusunan RPJMKel di berbagai kelurahan di Solo.

Sebagai bukti keseriusan mereka, ikut turut hadir Fasilitator Kelurahan dari PNPM Kota Solo. Faskel PNPM nantinya akan lebih banyak mensupport tenaga fasilitasi dan pendokumentasian proses sehingga masyarakat akan banyak berkonsentrasi dalam penggalian masalah.

(By Mhist)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites