Minggu, 05 Mei 2013

RPJMKel Bentuk Revitalisasi Musrenbang

Disampaikan dalam sosialisasi Inisiasi Penyusunan RPJMKel

Kegiatan Sosialisasi RPJMKel menjadi “pintu masuk” sekaligus memberikan perspektif bersama akan pentingnya proses pemetaan masalah atau Analisa Kemiskinan Partisipatif (AKP) yang akan dilaksanakan. AKP bertujuan untuk menemukan berbagai persoalan wilayah dari pendapat masyarakat termasuk masyarakat penerima manfaat atau program khusus dari pemerintah, sehingga diharapkan akan ditemukan solusi terbaik.
Tujuan dari Sosialisasi tersebut adalah sebagai berikut :
1.    Untuk mendapatkan respons dan dukungan dari kelurahan atas rencana proses penyusunan RPJMKel,
2.    Sebagai media review dan evaluasi singkat mengenai perencanaan pembangunan yang pernah berlangsung, dan harapan masyarakat terhadap program pembangunan pemerintah khususnya tingkat kelurahan,
3.    Diharapkan (bila memungkinkan) bisa menjadi media review dan klarifikasi atas gambaran dan kondisi umum wilayah kelurahan berdasarkan hasil perumusan data sekunder kelurahan.

Kamis, 28 Maret 2013 pukul 19.00 WIB bertempat di Pendopo Kelurahan Semanggi dilaksanakan Sosialisasi Inisiasi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Kelurahan (RPJMKel). Kegiatan ini melibatkan  segenap stakeholders yang ada di kelurahan Semanggi, seperti : Kepala Kelurahan dan perangkat kelurahan lain, LPMK, Faskel Monev, PKK Kelurahan perwakilan tiap pokja, Ketua RW, Karang Taruna, LKM. Harapannya agar RPJMkel ini mendapat support serta dukungan dari para pemangku kepentingan di tingkat kelurahan.

Maka, begitu pentingnya dalam memahamkan serta menyamakan persepsi kepada masyarakat tentang design besar RPJMKel (berikut maksud dan tujuannya dalam menjawab 5 kebutuhan dasar masyarakat). Bahwa setelah menjadi dokumen RPJMKel adalah hasil pengejawantahan dari masyarakat yang selama ini suaranya tidak terwakilkan atau tersalurkan aspirasinya di musrenbang.

Berikut salah satu penekanan yang disampaikan Ibu Vera Kartika Giantari (Tim Management TKPKD Kota Surakarta) dalam acara Sosialisai Inisiasi RPJMkel di kelurahan Semanggi. "Proses pemetaan nantinya harus benar-benar cermat, untuk merancang pembangunan". Karena proses penyusunan RPJMKel, ini bertujuan untuk:
1.    Meningkatkan kembali  gairah keterlibatan masyarakat proses perencanaan berbasis partisipasi  terutama  keterlibatan   masyarakat   miskin  dilingkungannya, serta meningkatkan peran aktif masyarakat  untuk melakukan monitoring pada  program  layanan  yang dilaksanakan
2.    Menstrukturkan   dan   mendokumentasikan keluaran perencanaan pembangunan Kelurahan berorientasi kepada  percepatan penanggulangan kemiskinan yang berkesinambungan, dengan menggunakan  instrumen analisa yang tepat.
3.    Mensinergikan  dan mengintegrasikan seluruh kegiatan PRONANGKIS  yang akan  dilakukan   masyarakat, agar hasil program kegiatan mampu  menyentuh dan  menjawab  permasalahan yang ada
Sehingga upaya yang akan kita lakukan bersama, akan kita manfaatkan untuk membuat solusi yang komprehensif dan utuh tidak sekedar program parsial dengan memanfaatkan peluang-peluang pendanaan yang ada seperti APBD, PNPM, CSR.

Dalam sessi tanya jawab menjadi salah satu indikator betapa semangatnya masyarakat dalam menangkap apa itu RPJMKel, yang menurut mereka menjadi “menu baru yang disajikan oleh TKPKD Kota Surakarta” dalam acara sosialisasi tersebut. Oleh karena selama ini mindset masyarakat masih kental akan “menu wajib musrenbang”, yang dalam perkembangannya banyak menuai kekecewaan (karena tidak menjawab problem dasar kemiskinan).

Oleh karenanya RPJMKel sebagai pembawa hal baru sangat ditunggu hasilnya nanti setelah menjadi dokumen (di tiap – tiap kelurahan) di kota Surakarta. Sosialisasi ini menjadi pijakan awal untuk menapak proses – proses kegiatan selanjutnya salah satunya yaitu Analisis Kemiskinan Partisipatif (AKP) di tingkat Kelurahan. Karena pada proses ini (tahapan sosialisasi) lebih dominan pada konteks membangun kepercayaan serta mencari dukungan (baik secara formal dan informal) atas lembaga – lembaga yang ada sekaligus peran pemangku kepentingan ditingkat kelurahan atas menu baru yang disebut sebagai “RPJMKel”.



(By BChrist)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites