Kamis, 16 Mei 2013

Upaya Revitalisasi Musrenbang Kota Solo (3)

Pendekatan (Lobby) Stakeholders Menjadi Point Penting

Karena lobby merupakan pintu masuk sekaligus jembatan dalam membangun kepercayaan di tingkat stakeholders kelurahan (pemangku kepentingan) berikut sebagai media pendukung atas “menu baru”  RPJMKel. Maka pada tataran ini (lobby) harus dan wajib mendapat dukungan penuh dari  para pemangku kepentingan di tingkat kelurahan.

Hal ini penting sekali dilakukan (dengan output) yang jelas, agar dalam pelaksanaan kegiatan dilapangan (sesuai tahapannya) tidak mengalami kendala-kendala atau halangan yang berarti. Problem komunikasi harus clear disini (dengan para pemangku kepentingan kelurahan), sehingga saat Tim TKPKD masuk diwilayah sudah tidak perlu lagi mengulang – ulang ataupun menjelaskan lebih njlimet lagi di kelurahan, semisal pada fase awal kegiatan nanti yaitu sosialisasi.

Salah satu suasana tahapan dalam penyusunan RPJMKel

Maka, kunci keberhasilan lobby seperti yang dimaksud diatas adalah ketika mendapat dukungan penuh dari segenap stakeholders yang ada di tingkat kelurahan. Mulai dari Kepala Kelurahan berikut perangkat–perangkat kelurahan yang lain, LPMK, Faskel Monev, PKK Kelurahan, RW, Karang Taruna, LKM, dan lain sebagainya.

Pada fase lobby dengan Lurah sekaligus mereview kembali workshop tingkat kota bersama BAPPEDA (membangun dukungan bersama), yang pada waktu itu juga menghadirkan Kepala Kelurahan (11 kelurahan) berikut LPMK yang dihadiri ketua - ketuanya. Ditahapan lobby yang dilakukan di tingkat kelurahan ini juga nanti akan memiliki ikatan kuat dengan Fasilitator Kelurahan (Faskel).

Tugas Faskel selanjutnya yang nanti akan terlibat aktif dalam pelaksanaan proses penyusunan RPJMKel (membantu teknis dilapangan) mensupport TKPKD. Jadi keberhasilan pelaksanaan program RPJMKel sangat dipengaruhi dengan awal lobbying ditingkat kelurahan. Yang tentunya akan sangat berpengaruh dengan hasil atau temuan – temuan dilapangan nantinya (proses AKP berjalan).


(By BChrist). 

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites