Kamis, 11 April 2013

Tim Perumus RPJMKel Terus Menyelesaikan Tugasnya

Tim perumus dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Kelurahan (RPJMKel) Sewu maupun Joyotakan terus mematangkan dokumen. Hasil-hasil Participatory Poverty Assessment (PPA) di level RW maupun kelurahan diperdalam. Setidaknya seminggu sekali tim yang beranggotakan 8 orang tiap kelurahan dengan konsentrasi tinggi membedah problem lebih jeli.

Meski tidak mudah, mereka harus menemukan jalan keluar terbaik agar rencana pembangunan dapat terumuskan secara jelas. Tentu harapannya agar ke depan proses pembangunan lebih terarah serta mampu mengentaskan kemiskinan. Berbagai penajaman menyangkut 5 isu yakni ekonomi, kesehatan, pendidikan, permukiman maupun infrastruktur.

Tim Perumus RPJMKel Membedah Hasil PPA
Problem mendasar di 2 kelurahan hampir sama yakni soal banjir dan banyaknya warga miskin bekerja di sektor informal. Mendorong program ekonomi terganjal pada kapasitas SDM yang tersedia terutama pada kapasitas individu serta akses. Disisi lain, keberadaan 2 kelurahan di tepi sungai menyebabkan isu-isu infrastruktur juga cukup mencolok.

Isu kesehatan juga menjadi tantangan tersendiri sebab dampak banjir serta kesadaran warga akan kesehatan butuh diperhatikan. Di 2 kelurahan ini juga masih terdapat Ibu Hamil dan Bayi Kekurangan Energi Kronis (KEK). Maka dalam melakukan prioritisasi program perlu melandaskan pada kebutuhan mendasar. Pengkajian yang sudah dilakukan pada tahap sebelumnya butuh di eksplorasi secara mendetil supaya program utama mampu mengentaskan berbagai problem.

Meski tidak banyak yang terlibat dalam tim perumus, setidaknya perwakilan warga di tim perumus memiliki kapasitas dan memahami kondisi. Hal ini cukup membantu dalam pembuatan prioritas masalah. Hingga minggu ke 2 April setidaknya tim telah menuntaskan pengisian program apa saja yang layak untuk penanganan masalah.

Ke depan, tim perumus akan melakukan penulisan dokumen yang akan menjadi draft kasar RPJMKel sebelum dilakukan verifikasi ke masyarakat. Pihak pemerintah kelurahan mengapresiasi perumusan ini dengan penyediaan data yang signifikan. Draft tersebut akan segera dibagikan sehingga mendapat feed back apa saja yang kurang dan belum tepat. Targetnya akhir April, Dokumen RPJMKel 2 kelurahan ini akan selesai disusun.

(By Mhis)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites