Jumat, 12 April 2013

Gajahan Memulai Proses Penyusunan RPJMKel


Pada hari Kamis, 07 Maret 2013 tepatnya di Aula Kantor Kelurahan Gajahan dilaksanakan acara “Sosialisasi Inisiasi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Kelurahan (RPJMKel). Tujuan dari kegiatan Sosialisasi tersebut  adalah :
1. Untuk mendapatkan respon dan dukungan dari kelurahan atas rencana proses penyusunan RPJMKel,
2. Sebagai media review dan evaluasi singkat mengenai perencanaan pembangunan yang pernah berlangsung, dan harapan masyarakat terhadap program pembangunan pemerintah khsusunya tingkat kelurahan,
3. Diharapkan (bila memungkinkan) bisa menjadi media review dan klarifikasi atas gambaran dan kondisi umum wilayah kelurahan berdasarkan hasil perumusan data sekunder kelurahan.

Materi sosialisasi ini disampaikan oleh Management TKPKD Kota Surakarta Bpk. Shemmy Samuel Rory  yang menyampaikan materi tentang TKPKD, struktur organisasi, soal kemiskinan,  dan sebagainya. Kemudian dari Tim Inti disampaikan oleh Bpk. Kun Prastowo yang menggali (curah pendapat) evaluasi proses dan hasil dari Musrenbang yang selama ini sudah berjalan. Dilanjutkan dengan materi pelaksanaan program penyusunan RPJMKel. Peserta antusias dalam sessi tanya jawab (seputar Musrenbang, apa itu RPJMKel, curah pendapat tentang penerima manfaat program layanan dari pemerintah seperti: Raskin, RTLH, PKMS, BPMKS, JAMKESMAS ).

Peserta Antusias Ikuti Sosialisasi RPJMKel Di Gajahan
Pada sessi ini yang dipandu oleh Tim Inti, warga lebih banyak mengeksplore serta brainstorming seputar “Musrenbang’ yang selama ini mereka lakukan. Mulai dari perencanaan/ajuan dari warga, data – data yang mereka tanyakan (terkait validasi data Raskin, JAMKESMAS, PKMS, BPMKS, RTLH, dan lain – lain), hasil Musrenbang yang tidak sesuai dengan harapan warga, tingkat partisipasi peserta/warga yang diundang dalam Musrenbangkel, follow_up atas hasil RPJMKel nanti akan seperti apa?,  sampai dengan tingkat “kejenuhan warga” terkait dengan ritual wajib Musrenbang yang selama ini mereka ikuti.

Dalam tahap Sosialisasi Inisiasi RPJMkel ini, hadirim merupakan stakeholders ditingkat Kelurahan. Yang mana selain keterwakilan dari lembaga – lembaga yang ada, juga dalam ruang “pemangku kepentingan” ditingkat kelurahan.  

Peserta:
Proses sosialisasi ini akan melibatkan sekitar 30-45 orang yang terdiri dari:
- Kepala kelurahan dan perangkat kelurahan lain
- LPMK (ketua, sekretaris, seksi pembangunan)
- Faskel Monev
- PKK Kelurahan perwakilan tiap pokja
- Ketua RW
- Karang Taruna
- LKM

Setelah proses ini dilakukan, maka nanti akan menjadi pijakan ditahap selanjutnya yaitu AKP ditingkat kelurahan. Karena pada proses ini (tahapan sosialisasi) lebih dominan pada konteks membangun kepercayaan serta mencari dukungan (baik secara formal dan informal) atas lembaga – lembaga yang ada sekaligus peran pemangku kepentingan ditingkat kelurahan atas menu baru yang kita sebut sebagai “RPJMKel”. Melihat semangat serta antusiasme peserta yang hadir dalam tahapan sosialisasi ditingkat kelurahan ini sangat tinggi, hal ini dapat dilihat dari salah satu indikatornya, yaitu “dinamisnya  pada sessi tanya jawab/curah pendapat “ yang difasilitasi oleh Tim Inti.

(By : BChrist)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites