Kamis, 21 Februari 2013

Menggali Dampak Masalah Kemiskinan

TKPKD Surakarta telah lancar melaksanakan  AKP Warmis di 2 Kelurahan yaitu Kelurahan Sewu  pada tanggal 6 Pebruari 2013 dan Kelurahan  Joyotakan pada tanggal 8 Pebruari 2013 dengan lancar. Hingga kini telah sampai pada tahap selanjutnya yaitu  tahapan Merunut Masalah, yang bertujuan untuk merunutkan segala permasalahan yang telah ditemukan dalam AKP RW dan AKP Kelurahan sehingga dihasilkan beberapa dampak yang akan timbul dan rekomendasi yang diharapkan  oleh masyarakat.

Di Kelurahan Joyotakan AKP Merunut Masalah dilaksanakan pada hari Senin, 18 Pebruari 2013 bertempat di Aula Kantor Kelurahan Joyotakan. Acara dihadiri oleh 18 peserta  yang  masing-masing merupakan perwakilan dari 5 hak dasar yaitu Kesehatan, Pendidikan ,Infrastruktur, Pemukiman, dan Ekonomi. Tiap peserta yang hadir langsung mengisi daftar Presensi dan kemudian menempati tempat duduk sesuai kelompok isu masing-masing.

Waktu sudah menunjukkan pukul 20.15 sehingga acara pun segera dimulai. Acara pertama dibuka dengan doa oleh Ibu Yayuk Purwani, yang kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Sekretaris Kelurahan dan Ketua LPMK  Kelurahan Joyotakan. Sebelum masuk ke tahap diskusi Ibu Yayuk Purwani terlebih dahulu memberikan beberapa patah kata sebagai pengantar dalam proses diskuai kelompok yang akan dilakukan.  Jam dinding pun menunjukkan pukul 20.30 dan diskusi kelompok segera  dimulai.

Adapun fasilitator yang mendampingi tiap kelompok adalah sebagai berikut :

1.    Isu  Pendidikan     : Ibu Yayuk dengan anggota kelompok 3 orang.
2.    Isu  Kesehatan        : Sdr. Maria dengan anggota kelompok 4 orang.
3.    Isu Infrastruktur    : Bp. Harjendro dengan anggota kelompok 4 orang.
4.    Isu Pemukiman     : Bp. Cahyo dengan anggota kelompok 4 orang.
5.    Isu Ekonomi        : Bp. Achmadi dengan anggota kelompok 3 orang.

Dari proses diskusi perunutan masalah yang telah dilakukan diperoleh hasil beberapa Dampak yang ditimbulkan dan beberapa Rekomendasi yang diharapkan masyarakat. Hasil yang diperoleh pada tahap ini akan menjadi accuan dalam pelaksanaan tahap selanjutnya yaitu tahap Perumusan Masalah. Dalam Tahap Perumusan Masalah nanti diperlukan Tim Perumus yang terdiri dari 8 orang yang diambil dari Kasie Kesra, LPMK ( Seksi Perencanaan dan Pembangunan ), dan 5 orang yang mewakili kelima isu serta 1 orang faslok.

Adapun syarat menjadi Tim Perumus adalah sebagai berikut :
    Memahami konteks persoalan di wilayahnya ( Kelurahan)
    Bisa computer ( Ms Word dan tahu Exel )
    Bersedia meluangkan waktu dan energinya untuk perumusan proses RPJMKel
    Bersedia mengawal pelaksanaan RPJMKel

Dari berbagai syarat tersebut akhirnya diperoleh Tim yang terpilih sebagai Tim Perumus di Kelurahan Joyotakan antara lain :
1.    Isu Kesehatan     : Bp. Muh Juwarno
2.    Isu Pendidikan     : Ib. Hari Sawitri
3.    Isu Infrastruktur    : Bp.Yanto
4.    Isu Pemukiman    : Bp.Marjono
5.    Isu Ekonomi    : Bp. Mulgiyarto
6.    Sie Kesra         : Bp.Sugiyarto
7.    LPMK        : Bp. Zainal Abidin
8.    Faskel        : Bp. Pramono
       Pada akhir acara, kedelapan Tim Perumus ini breefing sejenak yang dipimpin oleh Maz Nino.Dan kemudian acara ditutup pada pukul 10.15 WIB.

(By Eria)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites